Masya Allah… Tunjangan Pejabat DKI Jakarta dan Banten Rp 50 Juta per Bulan

Masya Allah… Tunjangan Pejabat DKI Jakarta dan Banten Rp 50 Juta per Bulan
Sejumlah PNS di lingkungan Pemkab Bojonegoro, Jawa Timur, 
menghitung gaji ke-13 yang mulai disalurkan menjelang Tahun 
Ajaran Baru 2011 ini.

Tunjangan pejabat Provinsi DKI Jakarta dan Banten merupakan yang tertinggi di antara pejabat daerah lainnya. Tunjangan bagi pejabat eselon satu di kedua provinsi tersebut mencapai Rp 50 juta per bulan. Angka ini bahkan lebih tinggi dari pejabat selevel di pemerintah pusat.

Berdasarkan data tunjangan daerah/tambahan penghasilan pegawai negeri sipil daerah (PNSD) provinsi seluruh Indonesia tahun 2009/2010 dari Kemendagri, PNSD DKI eselon dua mendapatkan tunjangan Rp 28 juta per bulan, eselon tiga Rp 10.550.000 per bulan, eselon empat Rp 6.560.000, dan PNSD level staf Rp 5.850.000 per bulan.

Sementara di Provinsi Banten, PNSD eselon dua mendapatkan tunjangan Rp 11.489.362 per bulan, eselon tiga Rp 4.213.953, eselon empat Rp 2.617.450, dan PNSD level staf Rp 950.000 per bulan.

Tunjangan terendah dirasakan oleh PNSD Bengkulu. Di provinsi ini, PNSD mulai dari eselon satu hingga staf hanya mendapatkan tunjangan Rp 220.000 per bulan.




 Ini Dia Daftar Tunjangan Pejabat Daerah Seluruh Indonesia
Sejumlah PNS sedang berjalan, ilustrasi

Ini Dia Daftar Tunjangan Pejabat Daerah Seluruh Indonesia

Pengamat politik Universitas Indonesia, Iberamsjah, menyatakan tunjangan pejabat daerah terlalu berlebihan. Pejabat terlalu dimanja dengan tunjangan-tunjangan melimpah. Dia menilai hal tersebut menandakan Pemerintah tidak memiliki strategi pemanfaatan anggaran.  “Hanya sedikit anggaran belanja yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur,” jelasnya kepada Republika, Kamis (7/7).

Dia menilai semenjak era reformasi, pembangunan tidak direncanakan secara maksimal. Tunjangan pejabat tidak diatur dengan baik sehingga terjadi pembengkakan dan cenderung berlebihan. Dulu ketika orde baru, ada perencanaan pembangunan yang termaktub dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Belum lagi rencana pembangunan per-pelita. “Semuanya terencana dengan baik, tidak seperti sekarang,” paparnya.

Iberamsjah menjelaskan hal ini mengakibatkan ruas jalan yang rusak belum dapat diperbaiki. Di luar negeri, jelasnya, penambahan jalan mencapai 10 ribu kilometer persegi. Sementara Indonesia diprediksikan hanya membangun 500 kilometer persegi.

Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) beberapa waktu lalu merilis temuan 124 dari 526 kabupaten/kota se-Indonesia yang terancam bangkrut karena anggaran belanja pegawainya di atas 60 persen dari APBD, sementara belanja modalnya hanya 1 hingga 15 persen.

Berikut daftar jumlah tunjangan pejabat daerah di seluruh Indonesia tahun 2009/2010 dari Kemendagri:

PROVINSI
ESS I
ESS II
ESS III
ESS IV
STAF
 
 
 NAD
  17,500,000
  12,500,000
    7,500,000
  4,500,000
  4,000,000
 
 Sumatera Utara
  25,000,000
    6,000,000
    2,500,000
  1,500,000
  1,000,000
 
 Sumatera Barat
    5,600,000
    4,880,000
    2,290,000
  1,178,200
     750,000
 
 Riau
    9,400,000
    6,900,000
    5,700,000
  5,400,000
  4,400,000
 
 Kepulauan Riau
  22,000,000
  16,000,000
  10,500,000
  7,000,000
  2,500,000
 
 Jambi
    3,000,000
    2,500,000
    2,000,000
  1,800,000
  1,120,000
 
 Bengkulu
220,000
220,000
220,000
220,000
220,000
 
 Sumatera Selatan
       500,000
       500,000
       500,000
     500,000
     500,000
 
 Bangka Belitung
    5,000,000
    3,000,000
    2,000,000
  1,750,000
  1,250,000
 
 Lampung
    5,000,000
    3,500,000
    2,000,000
  1,500,000
  1,000,000
 
 DKI Jakarta
  50,000,000
  28,000,000
  10,550,000
  6,560,000
  5,850,000
 
 Jawa Barat
  40,000,000
  30,000,000
  11,000,000
  7,000,000
  5,000,000
 
 Banten
  50,000,000
  11,489,362
    4,213,953
  2,617,450
     950,000
 
 Jawa Tengah
    6,470,000
    3,970,000
    1,575,000
  1,125,000
     825,000
 
 DIY
       600,000
       600,000
       600,000
     600,000
     600,000
 
 Jawa Timur
  13,800,000
  10,272,000
    9,565,200
  6,158,000
  4,800,000
 
 Kalimantan Barat
    1,150,000
       856,000
       797,100
     738,250
     600,000
 
 Kalimantan Tengah
    3,250,000
    2,000,000
    1,500,000
  1,000,000
     500,000
 
 Kalimantan Selatan
  12,000,000
    8,500,000
    5,000,000
  3,500,000
  1,400,000
 
 Kalimantan Timur
  30,000,000
  10,000,000
    3,600,000
  3,325,000
  2,350,000
 
 Sulawesi Utara
  17,750,000
  12,750,000
    3,250,000
  1,750,000
  1,250,000
 
 Gorontalo
  15,000,000
    7,000,000
    3,000,000
  1,750,000
  1,100,000
 
 Sulawesi Tengah
  20,000,000
  15,000,000
    1,700,000
  1,500,000
     750,000
 
 Sulawesi Selatan
       500,000
       500,000
       500,000
     500,000
     500,000
 
 Bali
  14,000,000
  12,000,000
    3,000,000
  2,000,000
  1,150,000
 
 Nusa Tenggara Barat
  15,000,000
    4,275,000
    1,750,000
  1,100,000
     582,686
 
 Nusa Tenggara Timur
    1,020,000
    1,020,000
    1,020,000
  1,020,000
  1,020,000
 
 Maluku
       895,000
       895,000
       895,000
     895,000
     895,000
 
 Maluku Utara
  15,000,000
    7,500,000
0
0
0
 
 Papua
  10,000,000
    7,500,000
    5,000,000
  3,500,000
  2,000,000
 
 Papua Barat
    9,000,000
    7,000,000
    4,000,000
  3,000,000
  2,000,000
 


Dari seluruh provinsi di Indonesia, masih terdapat dua daerah yang sampai saat ini belum memberikan tambahan penghasilan kepada PNSD (pegawai negeri sipil daerah), yakni Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.


Istana: Besarnya Tunjangan Pejabat Daerah Bentuk Korupsi Gaya Baru

Besarnya tunjangan pejabat di sejumlah daerah bisa masuk dalam modus korupsi gaya baru jika besarannya tidak wajar. Apalagi jumlah tunjangan itu tidak memperhitungkan kemampuan anggaran daerah.

Demikian dikatakan Staff Khusus Presiden Bidang Hukum Denny Indrayana, di Kompleks Istana Negara, Jumat (8/7). "Kalau itu berlebihan dan penetapannya tidak sesuai dengan aturan dan melebihi kewajaran memperkaya dirinya sendiri maka itu bisa masuk dalam korupsi," ujarnya.

Menurut Denny penentuan besaran tunjangan pegawai atau pejabat daerah harus berdasarkan penalaran logik. Dengan memperhitungan kemampuan di daerah. Tidak hanya berdasarkan keinginan dari pejabat tertentu. Sehingga memperlihatkan rasa keadilan di masyarakat

Harus diakui dengan bergesernya kewenangan dari pusat ke daerah, tindak pidana korupsi juga mengalami pergeseran. Korupsi di tingkat lokal, lanjut Denny, perlu diwaspadai dan diantisipasi.

Ada yang beralasan pemberian tunjangan besar akan mengurangi korupsi di pemerintahan. Padahal tidak selalu demikian, karena bukan sekadar persoalan tunjangan tetapi bagaimana membangun suatu sistem anti korupsi tersebut. "Tunjangan tidak akan menyelesaikan masalah, tapi bagaimana membangun suatu sistem," jelasnya.

Sabtu, 8 Sya'ban 1432 / 09 Juli 2011 

Sumber: www.republika.co.id
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...